Kamis, 08 Maret 2012

FORMAT PENGKAJIAN ASKEP LANSIA


FORMAT PENGKAJIAN LANSIA

Tanggal Pengkajian : …………………………..
A. DATA BIOGRAFI
Nama
Tempat & Tanggal Lahir
Pendidikan Terakhir
Agama
Status Perkawinan
TB/BB
Penampilan
Alamat

Orang Yang Dekat Di hubungi
Hubungan dengan Lansia
Alamat

: ………………………………….. L / P
: ………………………..... Gol.Darah : O / A / B / AB
: TidakSekolah/SD/SLTP/SLTA/DI/DIII/DIV/S1/S2
: Islam/Protestan/Katolik/Hindu/Budha/Konghucu
: Kawin/Belum/Janda/Duda (cerai : Hidup/Mati)
: ……… Cm / ………….. Kg
: …………………….. Ciri-ciri Tubuh : ………………….
:……………………………………………………………….
  ………………………………Telp./ ………………………..
: ………………………………….. L/P
: …………………………………….
:………………………………………………………………..
  ……………………………… Telp./ ………………………..

B. RIWAYAT KELUARGA
  1. Susunan anggota Keluarga
No.
NAMA
L/P
HUBUNGAN
KELUARGA
PENDIDIKAN
PEKERJAAN
KETERANGAN









  1. Genogram :
  2. Tipe / Bentuk Keluarga :

C. RIWAYAT PEKERJAAN
Pekerjaan saat ini
Alamat pekerjaan
Berapa jarak dari rumah
Alat transportasi
Pekerjaan sebelumnya
Sumber pendapatan & Kecukupan terhadap Kebutuhan
:
:
:                               (Km)
:
:
:

D. RIWAYAT LINGKUNGAN HIDUP
Tipe tempat tinggal
Jumlah Kamar
Jumalah Tongkat di kamar
Kondisi tempat tinggal
Jumlah orang yang tinggal
Derajat Privasi
Tetangga terdekat
Alamat / Telepon
:
:
:
:
:Laki-laki…Orang/Perempuan…Orang
:
:
:

E. RIWAYAT REKREASI
Hobby / Miat
Keanggotaan Organisasi
Liburan Perjalanan
: …………………….
: …………………….
: …………………….

F. SISTEM PENDUKUNG
Perawat/Bidan/Dokter/Fisioterapi
Jarak dari rumah
Rumah Sakit
Klinik
Pelayanan Kesehatan dirumah
Makanan yang dihantarkan
Perawatan sehari-hari yang dilakukan keluarga
Lain-lain
: …………………….
: …………………….
: …………………….Km
: …………………….Km
: …………………….
: …………………….
: …………………….

: …………………….

G. DISKRIPSI KEKHUSUSAN
Kebiasaan Ritual
Yang Lainnya
: …………………….
: …………………….

H. STATUS KESEHATAN
Status kesehatan umum selama setahun yang lalu
Status kesehatan umum selama 5 tahun yang lalu
: ………………………………………………….

: ………………………………………...

KELUHAN UTAMA : …………………………………………………………………………………..
Provokative / paliative
Quality / Quantity
Region
Severity Scale
Timming
: …………………….
: …………………….
: …………………….
: …………………….
: …………………….


Pemahaman & Penatalaksanaan Masalah Kesehatan :
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………






OBAT-OBATAN :
No.
Nama Obat
Dosis
Keterangan







STATUS IMMUNISASI : (Catat tanggal terbaru)
Tetanus, Difteri : …………………………………………………………..
Influensa          : …………………………………………………………..
Pneumothoraks : …………………………………………………………..

Alergi : (Catatan agen dan reaksi spesifik)
Obat-obatan
Makanan
Faktor Lingkungan
: …………………….
: …………………….
: …………………….

Penyakit yang diderita :
Hipertensi        Rheumatoid        Asthma        Dimensia

I. AKTIVITAS HIDUP SEHARI-HARI (ADL)
Indeks Katz
Oksigenasi
Cairan & Elektrolit
: A/B/C/D/E/F/G
: …………………….
: …………………….

Nutrisi
Eliminasi
Aktivitas
Istirahat & Tidur
Personal Hygiene
Seksual
Rekreasi
Psikologis
  • Persepsi Klien
  • Konsep Diri
  • Emosi
  • Adaptasi
  • Mekanisme Pertahanan Diri
: …………………….
: …………………….
: …………………….
: …………………….
: …………………….
: …………………….
: …………………….
: …………………….
: …………………….
: …………………….
: …………………….
: …………………….
: …………………….


Keadaan Umum
Tingkat Kesadaran

Skala Koma Glasgow
Tanda-tanda Vital

  • Sistem Kardiovaskuler
  • Sistem Pernafasan
  • Sistem Integumen
  • Sistem Perkemihan
  • Sistem Muskulo Skeletal
  • Sistem Endokrin
  • Sistem Gastrointestinal
  • Sistem Reproduksi
  • Sistem Persarafan
  • Sistem Penglihatan
  • Sistem Pendengaran
  • Sistem Pengecapan
  • Sistem Penciuman
  • Tactil Respon
: ……………………………………………………
: Composmentis, Apatis, Somnolens, Suporus, Coma
: Eye …….. Verbal ……  Psikomotor ……
: Pols= Temp= RR=. Tensi=.

: …………………….
: …………………….
: …………………….
: …………………….
: …………………….
: …………………….
: …………………….
: …………………….
: …………………….
: …………………….
: …………………….
: …………………….
: …………………….
: …………………….

K. STATUS KOGNITIF/AFEKTIF/SOSIAL

Short Porteble mental Status Questionnaire (SPMSQ) ……………………………….
Mini Mental State Exam (MMSE)   : ………………………………………………….
Inventaris Depresi Beck : ……………………………………………………………..
APGAR Keluarga : ……………………………………………………………………….

L. DATA PENUNJANG
1. Labvoratorium : ……………………………………………………………………………………..
2. radiologi         : .…………………………………………………………………..




















INDEKS KATZ

Indeks Kemandirian Pada Aktivitas Kehidupan Sehari-hari

Nama Klien
Jenis Kelamin
Agama
Pendidikan
Alamat
: Tn/Ny….………………….
: L / P Umur : ….Tahun
: …………………………….
: SD/SMP/SMA/PT
: Jl………….…………………………
Tanggal : ……………..
TB/BB : … cm/…. Kg
Gol Darah : …………

SKORE
KRITERIA

A

Kemandirian dalam hal makan, kontinen, berpindah, ke kamar kecil, berpakaian dan mandi

B

Kemandirian dalam semua aktivitas hidup sehari-hari, kecuali satu dari fungsi tersebut

C

Kemandirian dalam semua aktivitas hidup sehari-hari, kecuali mandi, dan satu fungsi tambahan

D

Kemandirian dalam semua aktivitas hidup sehari-hari, kecuali mandi, berpakaian dan satu fungsi tambahan

E

Kemandirian dalam semua aktivitas hidup sehari-hari, kecuali mandi, berpakaian, kekamar kecil dan satu fungsi tambahan

F

Kemandirian dalam semua aktivitas hidup sehari-hari, kecuali mandi, berpakaian, kekamar kecil, berpindah dan satu fungsi tambahan

G


Ketergantungan pada ke enam fungsi tersebut

Lain-lain

Tergantung pada sedikitnya dua fungsi, tetapi tidak dapat di klasifikasikan sebagai C, D, E atau F






SHORT PORTABLE MENTAL STATUS QUESTIONNAIRE (SPMSQ)

Penilaian ini untuk mengetahui fungsi intelektual Lansia.

Nama Klien
Jenis Kelamin
Agama
Pendidikan
Alamat
Nama Pewawancara
: Tn/Ny….………………….
: L / P Umur : ….Tahun
: …………………………….
: SD/SMP/SMA/PT
: Jl………….……………….
: …………………………….
Tanggal     : ……………..
TB/BB        : … cm/ …. Kg
Gol Darah : ……………….

SKORE



+
-
No.
PERTANYAAN
JAWABAN


1.
Tanggal berapa hari ini ?
Hari    Tgl    Th


2.
Hari apa sekarang ini ?



3.
Apa nama tempat ini ?



4.
Berapa nomor telpon Anda ?
4.a. Dimana alamat Anda ?
(tanyakan bila tidak memiliki telpon)



5.
Berapa umur Anda ?



6.
Kapan Anda lahir ?



7.
Siapa Presiden Indonesia sekarang ?



8.
Siapa Presiden sebelumnya ?



9.
Siapa nama kecil ibu Anda ?



10.
Kurangi 3 dari 20 dan tetap pengurangan 3 dari setiap angka baru, semua secara menurun ?




Jumlah Kesalahan Total


KETERANGAN :
1.      Kesalahan 0 – 2    Fungsi intelektual utuh
2.      Kesalahan 3 – 4    Kerusakan intelektual Ringan
3.      Kesalahan 5 – 7    Kerusakan intelektual Sedang
4.      Kesalahan 8 – 10 Kerusakan intelektual Berat

·         Bisa dimaklumi bila lebih dari 1 (satu) kesalahan bila subyek hanya berpendidikan SD
·         Bisa dimaklumi bila kurang dari 1 (satu) kesalahan bila subyek mempunyai pendidikan lebih dari SD
·         Bisa dimaklumi bila lebih dari 1 (satu) kesalahan untuk subyek kulit hitam, dengan menggunakan kriteria pendidikan yang lama.
Dari Pfeiffer E (1975)
MINI MENTAL STATE EXAMINATION (MMSE)
Menguji Aspek - Kognitif dari Fungsi Mental

NILAI
PASIEN
PERTANYAAN
Maksimum


ORIENTASI
5


(Tahun, Musim, Tgl, Hari, Bulan, apa sekarang ? dimana
5


kita : (Negara Bagian, Wilayah, Kota) di RS, Lantai ?)
REGISTRASI

3

Nama 3 Obyek (1 detik untuk mengatakan masing-masing) tanyakan klien ke 3 obyek setelah anda telah mengatakan. Beri 1 point untuk tiap jawaban yang benar, kemudian ulangi  sampai ia mempelajari ke 3 nya jumlahkan percobaan & catat.   Percobaan : ……………………
PERHATIAN & KALKULASI

5

Seri 7's ( 1 point tiap benar, berhenti setelah 5 jawaban, berganti eja kata ke belakang) ( 7 kata dipilih eja dari belakang)
MENGINGAT
3

Minta untuk mengulangi ke 3 obyek diatas, beri 1 point untuk tiap kebenaran.
BAHASA

9

Nama pensil & melihat (2 point)
Mengulang hal berikut tak ada jika ( dan atau tetapi) 1 point

30

Nilai Total


KETERANGAN :

Mengkaji Tingkat Kesadaran klien sepanjang Kontinum :
Composmentis, Apatis, Somnolens, Suporus, Coma.

Nilai Maksimum 30 (Nilai 21 / kurang indikasi ada kerusakan kognitif à perlu penyelidikan lanjut)





INVENTARIS DEPRESI BECK
(Penilaian Tingkat Depresi Lansia dari Beck & Decle, 1972)

Nama Klien
Jenis Kelamin
Agama
Pendidikan
Alamat
Nama Pewawancara
: Tn/Ny….………………….
: L / P Umur : ….Tahun
: …………………………….
: SD/SMP/SMA/PT
: Jl………….……………….
: …………………………….
Tanggal     : ……………..
TB/BB        : … cm/ …. Kg
Gol Darah : ……………….

SKORE                                  U R A I A N

A
KESEDIHAN
3
Saya sangat sedih/tidak bahagia, dimana saya tidak dapat menghadapinya
2
Saya galau/sedih sepanjang waktu dan tidak dapat keluar darinya
1
Saya merasa sedih/galau
0
Saya tidak merasa sedih




B
PESIMISME
3
Merasa masa depan adalah sia-sia & sesuatu tidak dapat membaik
2
Merasa tidak punya apa-apa & memandang ke masa depan
1
Merasa kecil hati tentang masa depan
0
Tidak begitu pesimis / kecil hati tentang masa depan

C
RASA KEGAGALAN
3
Merasa benar-benar gagal sebagai orang tua (suami/istri)
2
Bila melihat kehidupan kebelakang, semua yang dapat saya lihat kegagalan
1
Merasa telah gagal melebihi orang pada umumnya
0
Tidak merasa gagal

D
KETIDAK PUASAN
3
Tidak puas dengan segalanya
2
Tidak lagi mendapat kepuasan dari apapun
1
Tidak menyukai cara yang saya gunakan
0
Tidak merasa tidak puas

E
RASA BERSALAH
3
Merasa seolah sangat beuruk / tidak berharga
2
Merasa sangat bersalah
1
Merasa buruk/tidak berharga sebagai bagian dari waktu yang baik
0
Tidak merasa benar-benar bersalah



F
TIDAK MENYUKAI DIRI SENDIRI
3
Saya benci diri saya sendiri
2
Saya muak dengan diri saya sendiri
1
Saya tidak suka dengan diri saya sendiri
0
Saya tidak merasa kecewa dengan diri sendiri

G
MEMBAHAYAKAN DIRI SENDIRI
3
Saya akan bunuh diri jika saya punya kesempatan
2
Saya punya rencana pasti tentang tujuan bunuh diri
1
Saya merasa lebih baik mati
0
Saya tidak punya pikiran tentang membahayakan diri sendiri

H
MENARIK DIRI DARI SOSIAL
3
Saya telah kehilangan semua minat saya pada orang lain & tidak perduli pada mereka semuanya
2
Saya telah kehilangan semua minat saya pada orang lain & mempunyai sedikit perasaan pada mereka
1
Saya kurang berminat pada orang lain dari pada sebelumnya
0
Saya tidak kehilangan minat pada orang lain

I
KERAGU-RAGUAN
3
Saya tidak dapat membuat keputusan sama sekali
2
Saya mempunyai banyak kesulitan dalam membuat keputusan
1
Saya berusaha mengambil keputusan
0
Saya membuat keputusan yang baik

J
PERUBAHAN GAMBARAN DIRI
3
Merasa bahwa saya jelek / tampak menjijikan
2
Merasa bahwa ada perubahan yang permanen dalam penampilan
1
Saya khawatir saya tampak tua / tidak menarik & ini membuat saya tidak menarik
0
Tidak merasa bahwa saya tampak lebih buruk daripada sebelumnya

K
KESULITAN KERJA
3
Tidak melakukan pekerjaan sama sekali
2
Telah mendorong diri saya sendiri dengan keras untuk melakukan sesuatu
1
Memerlukan upaya tambahan untuk memulai melakukan sesuatu
0
Saya dapat berkerja ± sebaik-baiknya





L
KELETIHAN
3
Saya sangat lelah untuk melakukan sesuatu
2
Saya merasa lelah untuk melakukan sesuatu
1
Saya merasa lelah dari yang biasanya
0
Saya tidak merasa lebih lelah biasanya

M
ANOREKSIA
3
Saya tidak lagi punya nafsu makan sama sekali
2
Nafsu makan saya sangat buruk sekarang
1
Nafsu makan saya tidak sebaik sebelumnya
0
Nafsu makan saya tidak buruk dari biasanya


KETERANGAN :

PENILAIAN
0 - 4
Depresi Tidak Ada / Minimal
5 - 7
Depresi Ringan
8 - 15
Depresi Sedang
16 +
Depresi Berat

























APGAR KELUARGA DENGAN LANSIA

Alat Skrining Singkat Yang dapat digunakan untuk
mengkaji Fungsi Sosial lansia

Nama Klien
Jenis Kelamin
Agama
Pendidikan
Alamat
: Tn/Ny….………………….
: L / P Umur : ….Tahun
: …………………………….
: SD/SMP/SMA/PT
: Jl………….…………………………
Tanggal : ……………..
TB/BB : … cm/…. Kg
Gol Darah : …………

NO.
U R A I A N

FUNGSI
SKORE
1.
Saya puas bahwa saya dapat kembali pada keluarga (teman-teman) saya untuk membantu pada waktu sesuatu menyusahkan saya.

ADAPTATION

2.
Saya puas dengan cara keluarga (teman-teman) saya membicarakan sesuatu dengan saya & mengungkap- kan masalah dengan saya

PARTNERSHIP

3.
Saya puas dengan cara keluarga (teman-teman) saya menerima & mendukung keinginan saya untuk melakukan aktivitas / arah baru

GROWTH

4.
Saya puas dengan cara keluarga (teman-teman) saya mengekspresikan afek & berespons terhadap emosi-emosi saya seperti marah, sedih / mencintai.

AFFECTION

5.
Saya puas dengan cara teman-teman saya & saya menyediakan waktu bersama-sama.

RESOLVE

PENILAIAN :
Pertanyaan-pertanyaan yang di Jawab :
  • Selalu : Skore 2
  • Kadang-kadang : Skore 1
  • Hampir Tidak Pernah : Skore 0

TOTAL








ANALISA DATA

No.
DATA SUBYEKTIF/OBYEKTIF
(Sign/Symptom)
INTERPRESTASI
(Etiologi)
MASALAH
(Problem)
1
2
3
4
































PRIORITAS MASALAH

1.      …………………………………………………………………….
2.      …………………………………………………………………….
3.      …………………………………………………………………….
4.      …………………………………………………………………….






RENCANA TINDAKAN

No
DX KEP
TUJUAN/
KRITERIA
INTERVENSI
RASIONAL
IMPLEMENTASI
EVALUASI
( S O A P )
1
2
3
4
5
6
7

























CATATAN PERKEMBANGAN

No.
Hari/Tgl/Jam
Diagnosa No
Catatan Perkembangan
 ( S O A  P )
EVALUASI
Ttd/
Nama
1
2
3
4

5


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar